Minggu, 27 November 2011

skenario pembelajaran

PERSIAPAN MENGAJAR
KETERAMPILAN BERTANYA LANJUT

Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Sains Fisika
Kelas/Semester : X/2
Pokok Bahasan : Gejala Gelombang
Sub. Pokok Bahasan : Pemahaman tentang Gelombang
Metode Pembelajaran :Demonstrasi dan Diskusi informasi
Alokasi Waktu : 15 menit

I. Standar Kompetensi
Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah.
II. Kompetensi Dasar
Mendeskrpsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
III. Indikator Pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik gelombang tranversal dan gelombang longitudinal.
2. Siswa mampu memformulasikan persamaan umum gelombang.
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (3 menit):
1. Guru memulai aktivitas di kelas dengan melakukan pengabsenan terhadap kehadiran siswa.
2. Guru menyampaikan indikator yang ingin dicapai selama kegiatan pembelajaran.
3. Guru mengingatkan kembali pada siswa mengenai pembelajaran terdahulu yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan misalnya dengan memberikan pertanyaan pembuka pada siswa.
4. Guru memotivasi siswa untuk terlibat aktif dengan cara meminta seluruh siswa untuk memikirkan jawabannya, kemudian meminta satu atau dua orang siswa untuk mengemukakan argumen mereka.

Kegiatan Inti (10 menit):
a. Melakukan Demonstari
- Guru mendemonstrasikan piranti yang bersangkutan dengan menunjuk seorang siswa untuk membantu, dan siswa yang lain mengamati secara seksama, mengenai peristiwa yang akan terjadi.
- Setelah berhasil menemukan suatu informasi, siswa menyampaikan hasil pengamatan mengenai fenomena yang telah mereka amati.
b. Diskusi
- Guru menunjuk satu atau dua kelompok siswa untuk mempersentasikan laporan tertulisnya serta mendemokan pengamatan mereka, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan.
- Siswa melakukan diskusi kelas
- Guru mengamati dan menilai aktivitas siswa selama proses belajar mengajar, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya, keaktifan dalam berdiskusi dan keterbukaan menerima masukan/tanggapan dari luar.
c. Siswa membuat beberapa kesimpulan menyangkut materi yang diajarkan, dan Guru menyempurnakan kesimpulan mereka, dimana dalam hal ini, jika siswa mengamati dengan teliti, maka akan sampai pada satu kesimpulan bahwa Gelombang adalah Getaran yang merambat melalui medium. Perbedaan antara gelombang tranversal dan longitudinal yaitu gelombang tranversal adalah gelombang yang arah gangguannya (arah getarannya) tegak lurus terhadap arah merambat gelombang, sedangkan gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah gangguannya sejajar terhadap arah merambat gelombang. Dan untuk persamaan dasar dari gelombang adalah λ = v t atau .
Penutup ( 2 menit):
1. Siswa dan guru membuat suatu kesimpulan tentang materi ajar yang telah dilalui. Dalam hal ini, konsep konveksi yang dapat dilihat melalui percobaan.
2. Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa, apakah ada yang tidak dimengerti pada materi ajar terkait kemudian memberikan sedikit ulasan.
3. Guru memberikan beberapa tugas rumah untuk mengukur ketercapaian materi pada hari itu.
4. Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam penutup

V. Skenario Pembelajaran
Guru : “Selamat pagi anak-anak.”
Siswa : “Selamat pagi Bu.”
Guru : “Bagaimana kabar kalian hari in?”
Siswa : “Baik, Bu.”
Guru : “Apa ada yang tidak hadir hari ini?”
Siswa : “ Tidak, Bu.”
Guru : “Pada pertemuan kali ini, kita akan membicarakan pokok bahasan mengenai pemahaman tentang gelombang. Sebelumnya ibu ingin mengetahui apakah kalian pernah melempar batu ke dalam kolam?
Siswa : “Pernah, Bu.”
Guru : “Ya. Apa yang dapat kalian lihat saat itu?”
Siswa : “Yang saya lihat adalah adanya perubahan bentuk air, Bu.”
Guru : “Ya, jawaban yang bagus sekali. Perubahan bentuk air itu disebut dengan gelombang. Siapa yang tahu apa itu gelombang?”
Siswa :” Gelombang adalah perubahan bentuk akibat adanya getaran.”
Guru : ”Ya, apa ada yang memiliki pendapat lain?”
Siswa terdiam
Guru : “Baiklah, untuk dapat memahami lebih jelas lagi tentang gelombang, ibu akan memperlihatkan demonstrasi pada kalian. Ayo, siapa yang mau bantu ibu untuk melakukan demonstrasi ini? Ibu ingin dua siswa yang bantu ibu.”
Siswa yang ditunjuk bersama guru melakukan demonstrasi di depan kelas sedangkan siswa yang lainnya melakukan pengamatan terhadap demonstrasi tersebut.
Guru : “Di sini terdapat seutas slinki. Coba ujung yang satu tahan agar tidak bergerak, ujung yang satu lagi sentakkan naik turun. Apa yang dapat kalian amati? Siapa yang bisa menjawab?”
Siswa : “Slinkinya bergetar, Berbentuk bukit dan lembah Bu?”
Guru : “Iya, bagus sekali. Kemudian sekarang letakkan slinkinya di atas meja. Ujung yang satu tetap di tahan, dan ujung yang lainnya berikan dorongan dan tarikan. Getarannya berbentuk apa?”
Siswa : “Berbentuk rapatan dan regangan, Bu.”
Guru : “Jawaban yang tepat. Pada demonstrasi ini, dapat kalian amati bahwa getaran yang diberikan pada ujung slinki merambat sepanjang slinki. Dalam hal ini slinki bertindak sebagai medium (perantara). Nah, jika kalian sudah mengerti, siapa yang dapat menyempurnakan jawaban teman kalian untuk menjelaskan pengertian dari gelombang?”
Siswa : “ Gelombang adalah getaran yang merambat melalui medium, Bu.
Guru : “Ya bagus. Kemudian apa penyebab dari gelombang itu?”
Siswa : “Gelombang terjadi karena adanya getaran, Bu.”
Guru : “Ya bagus. Apa ada yang memiliki jawaban lain lagi?”
Siswa : “Gelombang terjadi karena adanya sumber getar yang bergetar searah terus menerus, Bu.”
Guru : “ Ya bagus sekali. Ternyata kalian sudah memahami dengan jelas. Sekarang coba getarkan naik turunkan lagi slinkinya, ibu akan menjelaskan lagi mana yang disebut frekuensi dan periode. Di sini telihat adanya beberapa gelombang, dan untuk menggetarkan slinki agar terbentuk gelombang memerlukan waktu, sehingga di sini . Dan frekuensi adalah banyaknya gelombang yang dihasilkan dalam waktu tertentu. Yaitu . Sedangkan jarak yang ditempuh gelombang dalam selang waktu satu peride dinamakan panjang gelombang λ. (sambil menunjuk slinki).
Baiklah sekarang ibu akan memberikan persamaan dasar gelombang. Misalkan gelombang merambat dengan kecepatan v, maka dengan menggunakan rumus jarak s = v t, diperoleh λ = v t atau .
Apa kalian sudah paham?”
Siswa : “Sudah, Bu.”
Guru mempersilakan siswa yang membantunya kembali ke tempat duduk
Guru : “Ya, bagus. Dari percobaan tadi kalian juga dapat menyebutkan bentuk-bentuk gelombang, bentuk gelombang ada dua, yaitu gelombang tranversal dan gelombang longitudinal. Siapa yang tahu, dari demonstrasi tadi, kegiatan yang mana yang menunjukkan gelombang tranversal?”
Siswa : “Yang pertama, Bu.”
Guru : “Iya. Apa alasannya, mengapa kegiatan pertama disebut gelombang tranversal?”
Siswa : “Karena ketika slinki itu digetarkan naik turun, berarti kita memberikan gangguan naik turun (vertikal) pada slinki, dapat diamati slinki membentuk bukit dan lembah yang merambat sepanjang slinki. Di mana kita ketahui bahwa gelombang tranversal adalah gelombang yang memiliki arah ganguan yang tegak lurus terhadap arah merambat gelombang.”
Guru : ” Ya jawaban yang bagus sekali. Dan kegiatan yang kedua disebut dengan gelombang longitudinal. Siapa yang dapat memberikan alasannya?”
Siswa : “Karena ketika slinki itu diberikan dorongan dan tarikan, berarti kita memberikan gangguan dorongan dan tarikan (horizontal), dapat diamati slinki membentuk rapatan dan regangan yang merambat sepanjang slinki. Di mana kita ketahui bahwa gelombang longitudinal adalah gelombang yang memiliki arah ganguan yang sejajar terhadap arah merambat gelombang.”
Guru : “Ya, bagus sekali. Nah, dari jawaban kedua teman kalian, siapa yang dapat membedakan antara gelombang tranversal dan gelombang longitudinal?”
Siswa : “Gelombang tranversal adalah gelombang yang arah gangguannya (arah getarannya) tegak lurus terhadap arah merambat gelombang, sedangkan gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah gangguannya sejajar terhadap arah merambat gelombang.”
Guru : “Wah ternyata kalian pintar-pintar ya, untuk memahami secara matematisnya, ibu akan memberikan satu soal kepada kalian. Catat soalnya! Gelombang air laut mendekati mercu suar dengan cepat rambat 7 m/s. jarak antara dua dasar gelombang yang berdekatan 5 m. tentukan periode dan frekuensi gelombang. Siapa yang bisa langsung acungkan tangan ya!
Setelah beberapa detik, siswa mengacungkan tangan dan menuliskan hasilnya di papan tulis.
Guru : ”Ya, apa ada yang memiliki hasil yang berbeda?”
Siswa : ”Sama, Bu .”
Guru : ”Jawabannya tepat sekali. Ternyata kalian sudah cukup antusias mengikuti pelajaran hari ini. Dan ibu harap untuk selanjutnya, bisa lebih baik lagi. Sebelum ibu akhiri, siapa yang dapat membantu ibu untuk menyimpulkan pelajaran hari ini?”
Siswa : ” Saya, Bu. Gelombang adalah Getaran yang merambat melalui medium. Perbedaan antara gelombang tranversal dan longitudinal yaitu gelombang tranversal adalah gelombang yang arah gangguannya (arah getarannya) tegak lurus terhadap arah merambat gelombang, sedangkan gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah gangguannya sejajar terhadap arah merambat gelombang. Dan untuk persamaan dasar dari gelombang adalah λ = v t atau .”
Guru : ” Terima kasih. Tenyata kalian sudah dapat menyimpulkan dengan baik. Dan untuk pekerjaan di rumah, ibu berikan tugas, kerjakan soal-soal di buku halaman 60 sampai 62 dari nomor 1 sampai 5, dan minggu depan dikumpulkan. Selamat pagi anak-anak.”
Siswa : ”Pagi, Bu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar